Prediksi Juara Liga Inggris 2009-2010 (Opini Sederhana)

Senin, 07 Juni 2010


Sebentar lagi Liga inggris akan dimulai. Kalau boleh sedikit memberikan pendapat, kira-kira siapa yang bakal menguasai Liga Inggris? Yang pasti, tetap The Big Four alias Manchester United, Arsenal, Liverpool dan Chelsea. Biarpun Manchester City sudah belanja gila-gilaan, tetap, seperti yang sudah saya bilang, belum tentu berhasil.

Kalau boleh bicara, siapa diantara keempat klub tersebut yang bakal nongol jadi pemenang di akhir musim 2009-2010? Jawabannya…


Mungkin saja MU bisa berpeluang untuk menjadi juara untuk empat kali berturut-turut. Tapi menurut saya, hal itu sangat kecil mengingat, keberuntungan akan habis bagi MU. Cristiano Ronaldo adalah kunci dari kesuksesan MU saat merengkuh 3 trofi Liga Inggris berturut-turut. Kehilangan CR7 menurut saya adalah kunci menurunnya prestasi MU. Semua pemain MU sangat ditakuti karena mereka memiliki pemain yang sangat luar biasa. Biasanya, faktor pemain yang memiliki bakat luar biasa, akan menular keteman-temannya untuk bermain selevelnya. Biarpun Sir Alex Ferguson mengklaim kehilangan MU tidak akan menurunkan prestasi MU, tapi secara teori, penurunan prestasi tetap akan terjadi.

Kehilangan Xabi Alonso menurut saya juga bisa membuat permainan Liverpool labil. Peran playmaker yang di emban Xabi akan sulit digantikan pemain lain. Boleh jadi Alberto Aquilani mungkin mumpuni menggantikan posisi Xabi Alonso. Tapi seperti yang pernah saya bilang, Aquilani rentan cidera. Seandainya Aquilani sering cidera, ketidakstabilan permainan akan terjadi di Liverpool dan hal ini haram hukumnya.

Arsenal boleh ditinggal Kolo Troure dan Adebayor. Tapi saya tetap percaya pada Arsene Wenger yang ahli dalam meracik pemain muda. Keahlian Arsene Wenger, kalau menurut saya, memang langka. Mencari pemain berbakat dan murah, adalah keahlian Wenger. Setelah berkembang, dan dijual, juga salah satu keahlian Wenger. Karena itu Arsenal tidak pernah rugi dibawah Arsene Wenger, karena otak bisnis dan sepakbola menjadi satu. Menetapnya Cech Fabregas adalah kunci dari Arsenal.

Chelsea, pembuktian Chelsea di Community Shield adalah kunci dari awal kejayaan Chelsea. Dibawah Anceloti, saya yakin, Chelsea akan berjaya di Liga Inggris Musim Ini. Tidak ada banyak pembelian, tapi dengan semakin matangnya permainan yang ditunjukkan oleh anak Asuh Anceloti kemarin, saya yakin, Chelsea akan kembali menjadi Juara Liga Inggris.

Dengan demikian, dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya memprediksikan Chelsea akan menjadi juara dimusim 2009-2010.

***